Responsive Ads Here

Jumat, 18 Agustus 2017

Mengenal Jaringan Komputer

  Stand Alone adalah suatu istilah bagi keadaan komputer yang tidak terhubung dengan komputer lain. Sebaliknya, jika komputer kita terhubung dengan komputer dan peralatan-peralatan lain sehingga membentuk suatu grup, maka ini disebut sebagai network (jaringan). Sedangkan bagaimana antarkomputer tersebut berhubungan serta mengatur sumber-sumber yang ada, itulah disebut dengan networking (Sistem jaringan).


1. Pengertian Jaringan Komputer

  Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

2. Manfaat Jaringan Komputer

  Dalam era informasi sekarang ini, penggunaan komputer merpakan suatu hal yang tidak terhindarkan dan cenderung menjadi suatu keharusan. Berikut adalah beberapa manfaat dari jaringan komputer :

A. Komunikasi

  Adanya sistem jaringan komputer memungkinkan  untuk bisa saling berkomunikasi Jika jaringan komputer dilengkapi dengan jaringan internet, maka berkomunikasi bisa menggunakan software instant message yang bersifat online, seperti Yahoo Messenger, Gtalk, eBuddy, dan lain sebagainya. Namun apabila tidak, maka bisa menggunakan software instant messenger yang bersifat offline atau hanya berfungsi dalam jaringan komputer saja, seperti WinChat, Net Send, dan FomineNet. Selain itu dengan jaringan kita bisa bertukar informasi dan dan data melalui e-mail.
B. Berbagi Data
  Seandainya jika kita harus mengirimkan data dengan jumlah besar dari sebuah komputer ke komputer lain. Apa yang harus kita lakukan. Biasanya kita akan memindahkan data tersebut, dengan menggunakan media eksternal, misal, USB Flash Disk, DVD atau CD dan lain-lain. Hal itu bisa saja dilakukan, namun memakan waktu lama dan sangat tidak efisisien. Nah dengan adanya jaringan komputer, kita bisa memindahkan sebuah data dari komputer ke komputer dengan cepat dan mudah.
C. Berbagi Media
Selain untuk berbagi  data, sistem jaringan komputer juga memungkinkan sharing peralatan penunjang seperti printer, scanner, dan lainnya. Jadi, penyediaan peralatan penunjang tersebut tidak perlu sesuai dengan jumlah komputer yang digunakan. Dengan kata lain, satu printer dan scanner bisa digunakan untuk beberapa komputer sekaligus.
3. Topologi Jaringan

A. Topologi Bus

  Topologi bus diimplemenasikan dengan menggunakan media fisik berupa kabel koaksial. Topologi ini umumnya digunakan untuk jaringan komputer yang terhubung secara sederhana sehingga komputer-komputer yang terlibat di dalamnya bisa berkomunikasi satu sama lainnya. Realisasi dari topologi bus ini adalah adanya sebuah jalur utama yang menjadi penghubung antar komputer. Sebelum mengirim data, NIC (Network Interface Card) komputer pengirim akan melihat dahulu apakah jalur transmisi sedang sibuk atau tidak. Apabila jalur sedang sibuk (sedang digunakan oleh komputer lainnya), maka ia akan menunggu selama beberapa waktu yang acak sebelum mencoba mengirimkan data kembali. Data akan dikirimkan begitu ada indikasi bahwa jalur transmisi sedang digunakan. Hal ini digunakan untuk menghindari terjadinya bentrokan atau tabrakan (coliision) pada transmisi data.

Keuntungan dari topologi Bus adalah:

  • Mudah atau sederhana untuk menambahkan komputer ke jaringan ini, hanya perlu memasang konektor baru.
  • Tidak perlu banyak menggunakan kabel dibandingkan dengan topologi Star

Kekurangan dari topologi Bus (Linear):

  • Seluruh jaringan akan mati jika ada kerusakan pada kabel utama.
  • Membutuhkan terminator pada kedua sisi dari kabel utamanya.
  • Sangat sulit mengidentifikasi permasalahan jika jaringan sedang jatuh/mati.
  • Sangat tidak disarankan dipakai sebagai salah satu solusi pada penggunaan jaringan di gedung besar.
Hasil gambar untuk topologi bus
B. Topologi Ring

  Bentuk ini merupakan bus jaringan yang ujung-ujungnya dipertemukan kembali sehingga membentuk suatu lingkaran, setiap informasi yang diperoleh diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewati. Jika bukan untuknya, maka informasi akan dilewatkan sampai menemukan alamat yang benar. Pada topologi Ring, salah satu komputer pada jaringan ini berfungsi sebagai penghasil token . Token disini dapat dibayakan sebagai kendaraan yang berfungsi membawa data melalui media fisik. Token akan membawa data melalui jalur transmisi hingga menemukan tujuannya. Sebuah token dapat berada dalam dua jenis keadaan yang berbeda, sedang digunakan, atau sedang bebas. Bila sebuah token berada dalam kondisi sedang digunakan ini berarti token tersebut sedang membawa data. Ini berarti token tersebut sedang digunakan oleh salah satu komputer untuk mengirimkan datanya. Token yang sedang berada dalam keadaan ini akan berkeliling mencari komputer tujuannya. Selama tujuannnya belum ditemukan, token ini akan berada dalam keadaan tersebut. Setelah token menemukan tujuannya, ia kan menyampaikan data yang dibawanya. Kemudian token tersebut akan berada dalam keadaan bebas.Ini berarti token tersebut bisa dibebani dengandata lagi, token tersebut siap untuk membawa data baru. Token yang bebas akan berkeliling lagi untuk menerima tugas untuuk membawa data baru. Keuntungan menggunakan topologi Ring ini adalah kemungkinan terjadinya bentrokan dalam transfer data ditiadakan. Kelemahan penggunaan topologi ini adalah harga implementasinya yang lebih mahal. Selain itu tingkat kesulitan untuk menjaga jaringan bertopologi Ring juga lebih susah. Karenanya bila ada kerusakan maka untuk memperbaikinya kemblai juga susah. Topologi Ring kurang begitu banyak diimplementasikan karena membutuhkan peralatan yang khusus.

  • Kelebihan dari topologi jaringan komputer ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.
  • Kekurangan paling fatal dari topologi ini adalah, jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error

Hasil gambar untuk topologi Ring

C. Topologi Star

  Topologi ini didesain di mana setiap node (file server, workstation dan perangkat lainnya) terkoneksi ke jaringan melewati sebuah hub atau konsentaror. Data yang terkirim ke jaringan akan melewati hub/konsentrator sebelum melanjutkan ke tempat tujuannya. Hub ataupun konsentrator akan mengatur dan mengendalikan keseluruhan fungsi jaringan. dia juga bertindak sebagai repeater/penguat aliran data. Konfigurasi pada jaringan model ini menggunakan kabel twisted pair, dan dapet digunakan bersama kabel koaksial atau kabel fiber optic.

Keuntungan topologi jaringan model bintang:

  • Mudah di pasang dan mudah dalam pengkabelan.
  • Tidak mengakibatkan gangguan pada jaringan ketika akan memasang atau memindahkan perangkat jaringan lainnya.
  • Mudah untuk mendeteksi kesalahan dan memindahkan perangkat-perangkat lainnya.

Kekurangan topologi jaringan model bintang:

  • Membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan bus.
  • Membutuhkan hub atau konsentrator, dan bilamana hub atau konsentrator tersebut jatuh atau rusak node-node yang terkoneksi tidak terdeteksi.
  • Lebih mahal daripada topologi jaringan Bus (linear), karena biaya untuk pengadaan hub dan konsentrator

4. Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis-jenis jaringan komputer dibagi menjadi 3 jenis, yaitu jaringan berdasarkan fungsi, jaringan berdasarkan media transmisi, jaringan berdasarkan luas area.

A. Berdasarkan fungsi

Jaringan berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 2, yaitu :

- Client Server
Client server adalah sebuah jaringan dimana sebuah komputer berperan sebagai Server sebagai penyedia layanan untuk client. Server biasanya menyediakan layanan web server, mail server, ftp server, storage server, dll.
Hasil gambar untuk client server
- Peer to Peer
Peer to Peer adalah sebuah jaringan dimana semua komputer dapat menjadi server maupun menjadi client. Biasanya digunakan oleh jaringan LAN.
Hasil gambar untuk peer to peer
 
  • Berdasarkan media transmisi

    Jaringan berdasarkan mrdia transmisinya dibagi menjadi 2, yaitu:

    Wired Network (kabel)
    Wired Network adalah sebuah jaringan yang menggunakan perantara kabel sebagai alat media transmisi. Kabel yang biasanya digunakan adalah kabel CoaxcialUTP, dan Fiber Optik. Kelebiahan menggunakan Wired Network adalah kecapatan transmisi lebih cepat daripada Wireless Network.
    Hasil gambar untuk wired network
    - Wireless Network
    Wireless Network adalah sebuah jaringan tanpa kabel sebagai alat media transmisi. Wireless Network bekerja menggunakan sinyal seperti gelombang radio, Infra red, Bluetooth sebagai media transmisinya. Salah satu contoh penerapan Wireless Network adalah hotspot area yang biasanya terdapat di rumah makan ataupun cafe.
Hasil gambar untuk wireless network

  • Berdasarkan Areanya
1. PAN (Personal Area Network)
  Pada saat kita saling menghubungkan komputer atau perangkat lain seperti handphone, PDA, keyboard, mouse , headset wireless, camera dan peralatan lain yang jaraknya cukup dekat (4-6 meter) maka kita telah membentuk suatu Personal Area Network. Hal yang paling penting bahwa dalam PAN ini kita sendiri yang mengendalikan (authoritas) pada semua peralatan tersebut. Selain dihubungkn langsung ke komputer lewat port USB atau FireWire, PAN juga sering dibentuk dengan teknology wireless seperti bluetooth, Infrared atau WIFI.

2. LAN (Local Area Network)

  Inilah jaringan komputer yang sangat populer. LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah dan sekolah. 

3. MAN (Metropolitan Area Network)
  Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.

4. WAN (Wide Area Network)
  WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini.

  • Berdasarkan Kecepatannya

1. Jaringan komputer dengan kecepatan rendah (low speed network). Jaringan dengan kategori ini biasanya memiliki kecepatan kurang dari 1 Mbps dan jarang digunakan oleh perusahaan-perusahaan pengguna jaringan. Kategori ini hanya untuk percobaan di laboratorium jaringan komputer.

2. Jaringan dengan kecepatan sedang (medium speed network). Kategori jaringan dengan speed midle ini adalah berkisar 1-20 Mbps. Kategori ini dapat digunakan oleh perusahaan kecil yang tidak terlalu mementingkan kecepatan transfer data. Bermodalkan ethernet card, NIC (atau kartu jaringan 10 Mbps). Kabel coaxial, conector RG 58, dan T conector (HUB), kita sudah dapat membangun jaringan dengan kategori ini.

3. Jaringan komputer kecepatan tinggi (high speed network). Kecepatan lebih dari 20 Mbps termasuk dalam kategori ini. Transmisi data tidak hanya berupa teks, tetapi bisa juga berupa gambar. Teknologi lokal network untuk kategori ini diantaranya adalah FDDI, ATM, 100 VG any Lan, dan ethernet.

4. Jaringan komputer sangat cepat (super high speed network). Sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jaringan komputer pada umumnya. Hingga saat ini kecepatan yang bisa dicapai adalah 10 Gbps. Dengan kecepatan ini, tidak hanya data teks dan grafis saja, tetapi bisa juga dilewati oleh voice dan video, bisa juga dilalui oleh streaming video. Teknologi jaringan yang digunakan ialah ethernet dan fiber.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan
Sekian & Terima kasih


REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar