Responsive Ads Here

Selasa, 03 Januari 2017

Cara Mengatasi GRUB ERROR !!! (grub rescue)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengatasi GRUB yang error. Nah, sebelum kesitu kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu GRUB. Nah, semua itu akan kita bahas disini. Yuk mulai kita bahas satu per satu !


    A. Pengertian
        GNU GRUB (singkat untuk GNU GRand Bersatu Bootloader) adalah boot loader paket dari proyek GNU . GRUB adalah implementasi referensi dari Free Software Foundation 's Multiboot Keterangan , yang menyediakan pengguna pilihan untuk boot salah satu dari beberapa sistem operasi yang terpasang di komputer atau pilih tertentu kernel konfigurasi yang tersedia pada partisi sistem operasi tertentu.
        B. Latar Belakang
            Pada saat saya melakukan install Ubuntu dan saya ingin membuat laptop saya menjadi dual boot. Nah pada saat saya melakukan instalasi saya mengalami error pada saat install GRUB dan saat itu juga install berhenti dan tidak bisa diteruskan, kemudian saya putuskan restart. Kemudian saya bingung cari referensi selama setengah hari. Dan akhirnya saya bisa mengatasinya.
            C. Maksud dan Tujuan
                Mengembalikan GRUB yang hilang dan mengalami Error.
                D. Jangka Waktu
                    Jangka waktu yang digunakan kurang lebih 10 sampai 15 menit untuk mengembalikan GRUB.
                    E. Alat dan Bahan
                      1. PC yang mengalami GRUB yang error
                        F. Langkah Kerja
                          1. Pertama kita pasti bingung pada saat GRUB kita hilang. Nah pada saat-saat begini kita berdo'a terlebih dahulu biar diberi kelancaran oleh tuhan.

                          2. Nah pada saat GRUB tidak keluar biasanya ada keterangan
                          error: unknown filesystem. 
                          atau
                          error: file '/boot/grub/i386-pc/normal.mod' not found. 


                          Kalau seperti itu kita pasti bingung mu digimanakan. Tadi saya juga coba install ulang berkali-kali hasilnya pun nihil. Nah dari situ biar GRUB nya bisa kembali lagi kita bisa beri perintah 
                          grub rescue > ls
                          grub rescue>set prefix=(hd0,msdos6)/boot/grub
                          grub rescue>set root=(hd0,msdos6)
                          grub rescue>insmod normal
                          grub rescue>normal
                          dimana hd0,msdos6 adalah letak partisi boot GRUB berada, kalau saya letak partisi di linux mint. Kalau tidak tahu tempat boot GRUB nya berada bisa dicoba satu satu.

                          2. Setelah memberi perintah diatas boot GRUB akan keluar. Kemudian kita masuk pada OS yang lama. Karena OS lama saya adalah linux mint, maka saya masuk pada linux mint

                          3. Setelah masuk OS lama, maka buka terminal dan masukkan perintah.
                          #update-grub ; grub-install /dev/sda

                          4. Tunggu proses selesai


                          maka boot GRUB sudah akan keluar saat kita restart atau kita mematikan laptopnya. GRUB sudah kembali dan tidak error lagi.
                            G. Kesimpulan
                               Kita bisa mengembalikan boot GRUB yang hilang, dan tidak perlu cara yan susah untuk mengembalikan boot GRUB yang hilang ini.
                                H. Referensi
                                  1. https://en.wikipedia.org/wiki/GNU_GRUB

                                  NB : Untuk konfigurasi yang lain bisa lihat DISINI

                                  Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan. Sekian.
                                  Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

                                  1 komentar:

                                  1. Bang gimana klo saya tdk tahu tempat grubnya dan saya juga sdh coba satu persatu dan tetap tak bisa. Gimana ya solusinya?

                                    BalasHapus